Video

Video News

Iklan

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Puncak Gelar Pelatihan Seni Tradisional

SUARA-NABIRE
Kamis, 01 Juni 2023, Juni 01, 2023 WIB Last Updated 2023-06-03T06:37:57Z
SUARA.NABIRE - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah menggelar pelatihan musik, seni tradisional dan kreasi bagi seniman dan sanggar seni budaya, pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 2023.

Kegiatan berlangsung di Aula Sapta Taruna Dinas PUPR Kabupaten Nabire, yang diikuti sekitar 30 seniman sanggar yang berasal dari Kabupaten Puncak dan Kabupaten Nabire.

Kepada awak media ini, Karlos Murib, S.I.P., M.I.P, selaku sekertaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Puncak, manegaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengangkat martabat dan adat istiadat yang ada di Kabupaten Puncak.

Menurutnya, saat ini para generasi muda sudah semakin lupa budayanya sendiri sehingga melalui kegiatan tersebut bisa mengangkat kembali budaya daerah.

“Jadi, sanggar-sanggar seni dan kreasi yang berada di kabupaten puncak selama ini ada, namun jarang dipublikasikan sehingga tidak banyak dikenal. Karena itu melalui kegiatan ini kami ingin mengangkat kembali agar bisa dikenal,” demikian ungkap Murib

Karlos Murib, S.I.P., M.I.P. (Sekertaris Dinas Kebudayaan & Pariwisata Kabupaten Puncak)

Hal yang sama juga ditegaskan oleh Dr. Beatrix Antoneta Manggo, S.Sos., M.Si., M.Div., selaku ketua Panitia dan Tokoh Seni Papua, bahwa sepanjang bergulirnya pandemi Covid-19 hingga tahun 2023, para seminan-seniman muda khususnya seniman Papua mulai vakum.

“Semua kegiatan-kegiatan yang bersifat pesta budaya dan seni kreasi yang biasanya diselenggarakan pada tahun-tahun sebelum covid-19 bergulir, sudah mulai berkurang dan redup," ungkap Manggo yang juga merupakan Akademisi Papua.

Dikatakan Manggo, bahwa melalui kegiatan tersebut, maka pihaknya ingin  mempertahankan kader-kader seni yang ada di kabupaten Puncak. "Jadi, dengan adanya pemekaran wilayah, nantinya kami tidak akan terpisah dan terpecah,” demikian jelas Manggo.

Dr. Beatrix Antoneta Manggo, S.Sos., M.Si., M.Div.
(Tokoh Seni dan Akademisi Papua)

Manggo juga berharap, dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut maka akan dapat memunculkan seniman-seniman baru di Kabupaten Puncak terlebih dalam pengembangan seni dan budaya.

Ditempat yang sama, Agustina Modow, seorang seniman perempuan Papua di Kabupaten Nabire, mengucapkan rasa terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Puncak yang sudah memberikan kesempatan kepada para seniman di kabupaten Nabire untuk mengambil bagian dalam kegiatan pelatihan seni tersebut. (Red)

Editor: Da'i Tonchi Numberi

GALERI








Komentar

Tampilkan

Terkini