Video

Video News

Iklan

Peringati HPSN 2023, Komunitas Corena Nabire Bersihkan Sampah Pantai Erari

SUARA-NABIRE
Senin, 27 Februari 2023, Februari 27, 2023 WIB Last Updated 2023-02-28T05:53:59Z
SUARA.NABIRE - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023 yang jatuh pada hari Selasa (21/2/23), komunitas Corena Nabire menggelar kegiatan pembersihan sampah di pantai wisata Erari yang terletak di kampung Nifasi Makimi kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah.

Kepada awak media ini, John Kory Edio, ST., selaku koordinator kegiatan mengatakan bahwa kegiatan pembersihan tersebut dilaksanakan dengan mengusung tema "Satu Sampah Merusak Berjuta Kehidupan"

"Kegiatan ini kami laksanakan mengingat persoalan sampah selalu menjadi hal krusial yang harus segera diatasi kapan saja. Tentu kita bisa bayangkan bersama jika laut yang bagus ini harus tercemar oleh sampah-sampah dari sisa-sisa tempat makanan dan minuman. Apalagi sampah plastik yang sulit terurai sehingga bisa mengakibatkan pencemaran air laut," demikian ungkap Edio.

Menurut Edio, jika ekosistem yang ada di laut harus terganggu akan adanya sampah yang berserakan di laut, maka akan berdampak buruk terhadap air, tanah, laut bahkan udara.

Anggota Komunitas Corena Nabire

Hal yang sama juga dikatakan anggota Corena lainnya, Bertho R Taribaba, bahwa kegiatan tersebut diharapkan bisa tumbuh menjadi kebiasaan dalam pola kehidupan berwawasan lingkungan demi masa depan generasi mendatang di daerah Papua Tengah, khususnya di kota Nabire

"Prinsipnya, kegiatan bersih-bersih Pantai Erari hari ini tentunya mengingatkan kita akan pentingnya kembali merawat bumi untuk menjaga kebersihan dan menciptakan harmonisasi lingkungan di tempat kita berada. Khususnya di wilayah Papua Tengah ini," tutur Taribaba

Adapun kegiatan pembersihan sampah juga turut disponsori langsung oleh pihak Taman Nasional Teluk Cenderewasih wilayah Nabire dan PT Gapura Nabire dengan pemberian alat diving serta konsumsi dalam kegiatan tersebut

Pantauan awak media kegiatan bersih-bersih sampah di pantai tersebut berlangsung dengan baik mulai dari pesisir pantai Erari hingga berlanjut pada pembersihan sampah-sampah yang berada di dalam laut. (red)

Editor: YK




Komentar

Tampilkan

Terkini