Video

Video News

Iklan

Jadi Ikon Baru Kota Jayapura, Jembatan Youtefa Raih 2 Rekor Muri Sekaligus

SUARA NABIRE
Selasa, 23 Februari 2021, Februari 23, 2021 WIB Last Updated 2021-04-19T12:42:32Z

SUARA.NABIRE l Jika saat ini Anda berkunjung ke Ibukota Papua, yakni kota Jayapura, tentu kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Jembatan Youtefa yang pernah diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 28 Oktober 2019

Memang bukan isapan jempol semata bahwa jembatan Youtefa telah tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan 2 rekor sekaligus, yaitu: rekor pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh, dan rekor lainnya adalah pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.

Jembatan Youtefa, yang juga sering disebutkan sebagai "Jembatan Holtekamp", memiliki panjang kurang lebih 1.800 meter dan lebar 17 meter, dan terletak di Teluk Youtefa, Provinsi Papua, yang menghubungkan Holtekamp dengan Hamadi.

Jembatan dengan tipe pelengkung baja ini memang sudah menjadi salah satu ikon baru kota Jayapura. Dengan desain warnanya yang merah, jembatan ini terlihat megah diatas Teluk Youtefa. Tak heran jika jembatan ini dirancang bisa berdiri kokoh hingga 100 tahun ke depan.

Pembangunan Jembatan Youtefa merupakan kolaborasi antara Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Papua, dan Pemerintah Kota Jayapura.

Saat ini jembatan Youtefa menjadi salah satu destinasi wisata baru di Papua. Selain unik, kawasan jembatan ini terletak diantara destinasi laut yang merupakan ciri khas keindahan alam Papua. Di kaki jembatan di tata taman dan ruang terbuka yang hijau, dan dibawahnya bisa dikembangkan olahraga air seperti ski dan dayung.

Ya, jembatan ini akan menjadi sarana pendukung pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Tahun 2021 yang akan diselenggarakan di Papua. Jembatan ini tentu akan memudahkan para peserta karena dapat memperpendek waktu tempuh menuju venue beberapa cabang olahraga di Kawasan Koya, Muara Tami. (Red)

GALERI









Liputan: Pimpinan Redaksi SUARA.NABIRE
Komentar

Tampilkan

Terkini