Video

Video News

Iklan

Habema, Danau Tertinggi di Indonesia, Terletak di Ketinggian 3.225 Mdpl

SUARA NABIRE
Rabu, 27 Januari 2021, Januari 27, 2021 WIB Last Updated 2021-08-28T10:12:54Z

SUARA.NABIRE | Danau Habema, yang sering disebut “danau diatas awan”, karena letaknya yang berada pada ketinggian 3.225 meter di atas permukaan laut, adalah danau tertinggi di Indonesia.

Danau ini berada sekitar 48 kilometer dari kota Wamena, yang terletak di wilayah Pegunungan Jayawijaya, tepatnya pada zona inti Taman Nasional Lorentz di Wamena, Papua.

Luas danau ini mencapai sekitar 224,35 hektar dengan ukuran kelilingnya sekitar 9,79 kilometer. Pemandangan sekitar Danau Habema sangat indah bahkan menawan hati. 

Letaknya berhadapan dengan gunung yang diselimuti salju dan kabut serta terdapat hamparan padang rumput yang dikelilingi bunga berwarna-warni.

Sebelum sampai ke Danau Habema, terdapat satu anak danau Habema yang memiliki kandungan air yang sangat jernih dan dikelilingi oleh beragam bunga yang sangat indah dan eksotis.

Anak danau Habema (Foto KS, SUARA.NABIRE)

Adapun puncak pegunungan Trikora yang dipenuhi oleh salju khatulistiwa bisa terlihat dari tempat ini jika tidak terdapat kabut yang menghalangi. 

Sehingga disarankan untuk berkunjung ke danau yang terletak di atas awan ini, sebaiknya dilakukan pagi hari mengingat pada siang hari pemandangan disekitar danau Habema sering tertutup kabut.

Udara di sekitar danau Habema sangat dingin karena terletak di ketinggian 3.225 mdpl, sehingga disarankan agar para pengunjung yang ingin mengunjungi danau ini harus menyiapkan jaket yang tebal.

Konon cerita, oleh warga setempat danau ini awalnya disebut dengan nama "Yuginopa", namun kemudian berganti nama menjadi "Habema", yang diambil dari nama seorang perwira Belanda, yaitu Letnan Habema, yang pernah ikut mengawal tim ekpedisi ke puncak Trikora di tahun 1909.

Bagaimana? Sangat unik bukan? Ya, tentu Anda tidak akan pernah menjadi sempurna sebagai warga negara Indonesia jika belum berkunjung ke danau diatas awan ini, hehehehe...(Red)

GALERI FOTO:














Komentar

Tampilkan

Terkini