Universitas Papua Siap Buka Program Pascasarjana di Uswim Nabire

SHARE:

Keterangan Foto: Dari kiri ke kanan: Jemmy Manan, S.Pi., DESS, DEA (Perwakilan Unipa Manokwari), Drs. Petrus Suripatty, M.Si, (Rektor Uswi...

Keterangan Foto: Dari kiri ke kanan: Jemmy Manan, S.Pi., DESS, DEA (Perwakilan Unipa Manokwari), Drs. Petrus Suripatty, M.Si, (Rektor Uswim), dan J.M. Ramandey, STP.,M.Si (Pembantu Rektor II Uswim)

SUARA.NABIRE - Salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Tanah Papua, Universitas Papua (Unipa) yang terletak di Manokwari, siap menjalin kerjasama dengan Universitas Satya Wiyata Mandala (Uswim) Nabire untuk membuka Program Pascasarjana.

Rencana tersebut disampaikan perwakilan Unipa, Jemmy Manan, S.Pi., DESS, DEA, dalam pertemuannya dengan pihak Uswim Nabire yang diwakili langsung oleh Rektor Uswim, Drs. I Petrus Suripatty, M.Si, dan Pembantu Rektor II, J.M. Ramandey, STP., M.Si, pada hari Rabu (12/08/2020), Pukul 10.00 - 13.30 WIT.

"Jadi intinya Unipa rencana kerja sama dengan Uswim untuk penyelenggaraan kuliah Pascasarjana Unipa di Nabire, dimana sasaran mahasiswa yang dapat mengikuti kuliah S2 adalah PNS, dosen Uswim, dan kalangan masyarakat umum yang berminat," tutur Jemmy ketika ditemui awak media ini usai pertemuan

Jemmy menambahkan bahwa kedatangannya adalah langkah awal dalam membicarakan hal-hal yang perlu dipersiapkan terkait kerjasama pembukaan Program Pascasarjana Unipa di Uswim Nabire.

"Ya, ini adalah langkah awal, karena setelah ini saya akan melaporkan hasil pertemuan hari ini dengan pihak Uswim kepada pimpinan kami di Unipa," ungkap Jemmy yang menjabat sebagai Kepala Laboratorium Oseanografi dan Lingkungan Perairan di Unipa Manokwari.

Tentu saja, lanjut Jemmy, pihak kami akan mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan rencana pembukaan Program Pascasarjana, dan pastinya mengacu pada berbagai aturan Pemerintah seperti: Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 14 Tahun 2014, Nomor 7 Tahun 2020, serta Nomor 66 Tahun 2020, dan lain sebagainya.

"Adapun Program Pascasarjana yang akan kami buka di Uswim diantaranya adalah: S2 Pertanian, S2 Peternakan, S2 Ilmu Lingkungan, S2 Kehutanan, S2 Sumberdaya Akuatik, S2 Biologi," demikian dijelaskan Jemmy, yang juga merupakan Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unipa.

Jemmy menjelaskan pula bahwa Program Pascasarjana tersebut akan berlangsung dengan menggunakan metode kuliah secara daring dan tatap muka (blended)

"Jadi untuk para PNS baik di Nabire dan di wilayah Meepago, serta staf dosen Uswim yang berminat, dapat memanfaatkan program ini. Dan tentu semua ini adalah dalam rangka peningkatan SDM khususnya di Kabupaten Nabire dan sekitarnya," terangnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi ditempat terpisah, Rektor Uswim Nabire, Drs. I Petrus Suripatty, M.Si, membenarkan tentang rencana kerjasama Unipa dan Uswim untuk pogram Pascasarjana tersebut.

"Jadi, memang benar ada pertemuan dengan pihak Unipa terkait dengan pembukaan Program Pascasarjana. Tapi bagi kami, sejauh itu mengikuti prosedur dan aturan yang berlaku, pihak kami siap menjalin kerjasama tersebut karena tentu akan memberikan nilai tambah khususnya kepada Uswim, dan kepada Daerah ini pada umumnya", tegas Suripatty

Suripatty menambahkan bahwa kerjasama antar Lembaga Perguruan Tinggi tentu harus melalui prosedur yang resmi seperti adanya surat tugas, surat pemberitahuan, dan lain sebagainya, yang bersifat resmi dari lembaga yang bersangkutan serta melalui mekanisme yang sudah ditetapkan pemerintah.

"Saya pikir pertemuan dengan perwakilan dari Unipa masih tahap awal, jadi jika memang pihak Unipa serius, kami akan menerimanya asalkan melalui prosedur yang resmi dan yang sudah ditetapkan. Apalagi ini kan soal kerjasama antar lembaga PT negeri dan PT swasta, harus ada surat resmi yang ditujukan kepada kami dan lain sebagainya," tutur Suripatty 

Jadi, lanjut Suripatty, pikiran yang sudah disampaikan pihak dari Unipa itu adalah sangat positif karena disamping memberikan manfaat kepada masyarakat umum dan kepada pegawai Pemda, juga bisa dimanfaatkan oleh dosen yang berada di lingkungan Uswim untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata Dua.

"Pikiran yang disampaikan teman dari Unipa kemarin adalah sangat positif dan khusus untuk dosen-dosen di Uswim yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan tidak perlu keluar daerah lagi," terangnya. (Red).

COMMENTS

Nama

Artikel Anda,10,Bahasa dan Sastra,9,Buku ISBN,8,Bupati Cup,33,Covid-19,19,Daerah,93,Destinasi Wisata,22,Filsafat,11,Fokus,9,Headline,29,Internasional,25,Kriminal,27,Kriminal 2,18,Motivasi dan Inspirasi,21,Nabire,96,Nabire 1,14,Nabire 2,11,Nabire 3,17,Nabire 4,18,Nabire 5,10,Nabire 6,13,Nabire 7,45,Nabire 8,11,Nabire Top,9,Nasional,33,Olahraga Kesehatan,40,Pendidikan dan Teknologi,55,Pengetahuan,19,Peristiwa,5,Slider,5,Sosial dan Politik,28,Teologi,36,Unik,14,Video News,21,
ltr
item
SUARA.NABIRE: Universitas Papua Siap Buka Program Pascasarjana di Uswim Nabire
Universitas Papua Siap Buka Program Pascasarjana di Uswim Nabire
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTX4LwcBKauQOL9O3_YdTtGyS5SS4NNHzQcsR0TEFVjerCGODBeLyiVleuucLD8lXghu6yBWs5mbzf76egmesiCo_w21o-CSc1IGoEWQGq5HVm2r5K4q1YF-S_WQL9bJWdy-Qkpmlt22E/s640/222.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiTX4LwcBKauQOL9O3_YdTtGyS5SS4NNHzQcsR0TEFVjerCGODBeLyiVleuucLD8lXghu6yBWs5mbzf76egmesiCo_w21o-CSc1IGoEWQGq5HVm2r5K4q1YF-S_WQL9bJWdy-Qkpmlt22E/s72-c/222.jpg
SUARA.NABIRE
https://www.suaranabire.com/2020/08/universitas-papua-siap-buka-program.html
https://www.suaranabire.com/
https://www.suaranabire.com/
https://www.suaranabire.com/2020/08/universitas-papua-siap-buka-program.html
true
8952388888145756832
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BERITA TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy