Peneliti Israel Temukan Ibuprofen Yang Bisa Meringankan Infeksi COVID-19

SHARE:

SUARA-NABIRE - Salah satu kelompok tim peneliti dari Israel telah menemukan bahwa ibuprofen bisa meringankan gejala yang disebabkan oleh co...

SUARA-NABIRE - Salah satu kelompok tim peneliti dari Israel telah menemukan bahwa ibuprofen bisa meringankan gejala yang disebabkan oleh coronavirus. Hal ini diawali setelah kontroversi yang muncul dari pemerintah Prancis pada bulan Maret yang mengklaim bahwa ibuprofen dapat memperburuk infeksi.

Setelah pengumuman yang dibuat di Perancis, para peneliti dari Universitas Ben-Gurion dari Negev di Beersheba kemudian melakukan penelitian lanjutan yang bertujuan untuk mengevaluasi apakah penggunaan ibuprofen pada pasien coronavirus jika dikaitkan dengan kasus yang lebih parah dibandingkan dengan pasien yang menggunakan parasetamol, juga dikenal sebagai acetaminophen, atau tanpa antipiretik, suatu zat yang mengurangi demam.

Ibuprofen, antipiretik, juga merupakan obat antiinflamasi, dan digunakan sebagai pembunuh rasa sakit. Sementara parasetamol digunakan dalam pengobatan untuk gejala yang sama, dimana kedua obat dimetabolisme dalam tubuh secara berbeda. Ibuprofen terutama dimetabolisme di ginjal dan parasetamol diproses di hati.

Penelitian, yang disebut penggunaan Ibuprofen dan hasil klinis pada pasien COVID-19, diterbitkan dalam jurnal Clinical Microbiology and Infection. Ini memantau penggunaan ibuprofen pada 403 pasien dari Pusat Medis Shamir di Be'er Ya'acv, Israel, dari satu minggu sebelum diagnosis mereka selama periode infeksi.


Antipiretik yang paling umum digunakan adalah parasetamol (32% dari populasi), dengan 22% melaporkan menggunakan ibuprofen dan 3,7% menggunakan dipyrone.

Hasilnya menemukan bahwa ada hasil yang sama antara pasien yang menggunakan ibuprofen dibandingkan pasien yang menggunakan parasetamol. 


Bahkan, ditemukan bahwa tingkat pasien yang membutuhkan bantuan pernapasan lebih tinggi pada kelompok parasetamol dengan signifikansi batas. Namun, diteorikan bahwa ini bisa berutang pada fakta bahwa pasien usia lanjut, yang lebih mungkin membutuhkan bantuan pernapasan, juga lebih mungkin diobati dengan parasetamol karena kekhawatiran cedera ginjal.

Satu-satunya signifikansi utama lain yang ditunjukkan antara penggunaan pengguna ibuprofen dan parasetamol adalah bahwa 79% pengguna ibuprofen mengalami demam sementara hanya 35% dari pengguna non-ibuprofen yang mengalami demam.

Kalau tidak, para peneliti menyatakan bahwa mereka "tidak mengamati peningkatan risiko kematian atau perlunya dukungan pernapasan pada pasien yang diobati dengan ibuprofen."


Pada kelompok ibuprofen, 3 (3,4%) pasien meninggal, sedangkan pada kelompok non-ibuprofen 9 (2,8%) pasien meninggal. Sembilan (10%) pasien dari kelompok ibuprofen membutuhkan bantuan pernapasan, dibandingkan dengan 35 (11%) dari kelompok non-ibuprofen. Tidak ada perbedaan dalam tingkat kematian yang diamati. Satu (2%) dari pengguna ibuprofen eksklusif membutuhkan dukungan pernapasan selama perjalanan penyakit mereka, dibandingkan dengan 11 (12,9%) dari pengguna parasetamol eksklusif.

Perlu dicatat bahwa pasien dengan demam yang menggunakan parasetamol atau ibuprofen secara eksklusif memiliki usia dan jenis kelamin yang sama. Usia rata-rata adalah 45 tahun, 220 pasien yang diteliti (55%) adalah laki-laki, dan 101 (25%) memiliki penyakit kronis.

Kelompok pasien yang digunakan dalam penelitian ini dites positif terkena virus di Pusat Medis Shamir, Israel, antara 15 Maret dan 15 April 2020. Dari seluruh kelompok, 89% menunjukkan gejala ringan tanpa memerlukan bantuan pernapasan, sisanya membutuhkan bantuan pernapasan atau masuk ke unit perawatan intensif rumah sakit, dan total 12 (3% meninggal).

Sehari sebelum penelitian dimulai, pemerintah Prancis mengumumkan bahwa obat antiinflamasi non-steroid (NSAID), seperti ibuprofen, dapat menghasilkan "efek buruk yang parah" pada mereka yang menderita COVID-19. 


Selain itu, pada 19 Maret, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengeluarkan pernyataan yang mengumumkan saran mereka terhadap penggunaan obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) untuk COVID-19.

Banyak kontroversi muncul di antara bidang medis internasional setelah pernyataan Perancis. Seorang pakar dari peneliti Divisi Infeksi dan Kesehatan Global Universitas Andres Muge Cevik, menulis di Twitter bahwa "Tidak ada bukti ilmiah yang saya ketahui bahwa ibuprofen [menyebabkan lebih buruk] hasil di # COVID19."

Namun, para ahli lain berpendapat bahwa obat-obatan seperti ibuprofen harus dihindari, bahkan jika hubungannya tidak sepenuhnya dipahami. Salah satu pakar tersebut - Rupert Beale, pemimpin kelompok dalam Biologi Sel Infeksi di Francis Crick Institute di Inggris - mengatakan bahwa "Ada alasan bagus untuk menghindari ibuprofen karena dapat memperburuk cedera ginjal akut yang disebabkan oleh penyakit parah, termasuk COVID parah - 19 penyakit," demikian CNN melaporkan.

Ini juga didukung oleh Prof. Charlotte Warren-Gash, dari London School of Hygiene dan Tropical Medicine.

"Sebagian besar kematian akibat COVID-19 terjadi di antara orang tua dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan mendasar seperti penyakit kardiovaskular". (Red)


Diterjemahkan dari The Jerusalem Post

COMMENTS

Nama

Artikel Anda,10,Bahasa dan Sastra,9,Buku ISBN,8,Bupati Cup,33,Covid-19,19,Daerah,93,Destinasi Wisata,22,Filsafat,11,Fokus,9,Headline,29,Internasional,25,Kriminal,27,Kriminal 2,18,Motivasi dan Inspirasi,21,Nabire,96,Nabire 1,14,Nabire 2,11,Nabire 3,17,Nabire 4,18,Nabire 5,10,Nabire 6,13,Nabire 7,45,Nabire 8,11,Nabire Top,9,Nasional,33,Olahraga Kesehatan,40,Pendidikan dan Teknologi,55,Pengetahuan,19,Peristiwa,5,Slider,5,Sosial dan Politik,28,Teologi,36,Unik,14,Video News,21,
ltr
item
SUARA.NABIRE: Peneliti Israel Temukan Ibuprofen Yang Bisa Meringankan Infeksi COVID-19
Peneliti Israel Temukan Ibuprofen Yang Bisa Meringankan Infeksi COVID-19
https://images.jpost.com/image/upload/f_auto,fl_lossy/t_JD_ArticleMainImageFaceDetect/455352
SUARA.NABIRE
https://www.suaranabire.com/2020/06/peneliti-israel-temukan-ibuprofen-yang.html
https://www.suaranabire.com/
https://www.suaranabire.com/
https://www.suaranabire.com/2020/06/peneliti-israel-temukan-ibuprofen-yang.html
true
8952388888145756832
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts LIHAT SEMUA Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All BERITA TERKAIT LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy